Bale Raos Yogyakarta

Tempat Wisata Kuliner Di Yogyakarta

Disamping terkenal dengan keanekaragaman budaya dan keindahan alamnya, Yogyakarta memiliki makanan khas yang sangat terkenal yaitu Gudeg. Makanan yang terbuat dari bahan dasar buah nangka muda ini sangat lezat dan khas, anda harus mencobanya saat anda berkunjung ke Yogyakarta. Beberapa rekomendasi rumah makan Jogja yang mungkin dapat anda coba dan kunjungi ketika berada di Yogyakarta antara lain:

Gudeg Jalan Wijilan

Jalan Wijilan merupakan sebuah jalan di lingkungan keraton Jogja yang saat ini menjadi pusat wisata kuliner utamanya Gudeg Jogja. Jalan Wijilan berada di sebelah timur keraton, memiliki pintu masuk berupa gapura khas keraton dan sepanjang jalannya dipenuhi oleh penjual gudeg. Beberapa diantaranya sudah cukup terkenal seperti Gudeg Yu Djum 167, Gudeg Bu Nur, Gudeg Bu Hj Rini, Gudeg Wijilan Bu Lies dan masih banyak yang lain. Lokasinya yang dekat dengan pusat kota dan sangat mudah dijangkau menjadikan Jalan Wijilan menjadi pilihan utama wisatawan untuk menikmati Gudeg Jogja.


Bale Raos Royal Cuisine

Jika anda ingin mencari tempat wisata kuliner lain di Yogyakarta selain Gudeg namun tidak ingin kehilangan kekhasan Jogja, Restaurant Bale Raos mungkin bisa dijadikan pilihan. Restauran ini letaknya masih di lingkungan keraton Jogja dan menyajikan makanan khas keraton Jogja, bahkan pengunjung bisa memesan makanan kesukaan para sultan Jogja. Banyak pengunjung yang mengatakan bahwa Makan di Bale Raos layaknya makan di ruang makan keraton Jogja. Baca Selanjutnya..

Gudeg Yu Djum Kaliurang

Salah satu rumah makan gudeg Yogya yang cukup terkenal ialah Gudeg Yu Djum yang terletak di Jalan Kaliurang, walaupun terlihat sederhana, gudeg kering Yu Djum sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan, kebanyakan dari mereka selain menikmati langsung di tempat juga membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Selain di Jalan Kaliurang, Gudeng Yu Djum juga dapat anda temukan di Jalan Wijilan dan Jalan Adisucipto.

Gudeg Mbarek Bu Hj. Ahmad

Masih terletak di Jalan Kaliurang, kawasan dekat dengan kampus UGM ini memang salah satu tempat yang paling tepat untuk hunting masakan khas Jogja yakni Gudeg. Selain dapat dinikmati di tempat, Gudeg Mbarek Hj. Ahmad juga menyediakan gudeg jogja dalam kemasan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh, antaralain dalam kemasan kardus, kendil dan besek.

Gudeg Bu Tjitro

Gudeg Bu Tjitro konon sudah ada sejak tahun 1925, restaurant yang terletak di Jalan Jenti 330 ini memang cukup mewah dibandingkan dengan warung makan Gudeg Jogja pada umumnya. Untuk anda yang ingin makan dengan nyaman terdapat ruangan VIP dengan kapasitas sampai 17 orang, restaurant ini bahkan menyediakan ruang meeting yang dapat menampung sampai dengan 50 orang.

Untuk urusan oleh-oleh, Gudeg Bu Tjitro menyediakan gudeg kalengan yang dapat bertahan sampai 1 tahun, selain itu juga tersedia gudeg kendil untuk anda yang ingin membawa oleh-oleh Gudeg Jogja yang lebih segar.

Jejamuran

Terletak sedikit agak di luar kota Yogyakarta ke arah Magelang atau tepatnya di daerah Sleman, rumah makan unik ini menyediakan menu yang semuanya terbuat dari jamur, mulai dari sate jamur, peps jamur, jamur saus tiram dan lainnya. Rasanya sangat lezat dan cukup digemari oleh wisatawan, tidak sedikit wisatawan yang sengaja datang dari jauh hanya untuk menikmati aneka olahan jamur yang ada.

Resto Jejamuran buka mulai jam 10 pagi sampai dengan jam 9 malam. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Tersedia juga aneka pilihan minuman termasuk minuman tradisional seperti kunyit asem dan es beras kencur. (indotravelers.com)



Artikel Lainya