English Version

Home | To Do | To Go | Hotel | Tiket Pesawat | Kontak

 

Potensi Wisata Kota Bogor | Peta Bogor | Atraksi Budaya Kota Bogor | Makanan Khas Bogor | Hotel di Bogor

 

 

 

Visit west java 2008

 

SELAYANG PANDANG KOTA BOGOR

 

Kota Bogor merupakan pintu gerbang Propinsi Jawa Barat, berjarak 60 Km dari jakarta sebagai ibu kota negara republik Indonesia, dan 120 Km dari Bandung sebagai ibu kota Propinsi Jawa Barat. Kota Bogor sering dijuluki sebagai kota hujan karena curah hujan di sini sangat tinggi sekitar 3000 s/d 4000 mm per tahun.

 

Disamping kota jasa yang nyaman dengan masyarakat madani dan pemerintah amanah, kota Bogor dalam mengembangkan perekonomian masyarakat dengan menitik beratkan pada jasa yang mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang ada terbukti dengan beragam objek wisata dan potensi lainya yang dimiliki kota bogor, diantaranya objek wisata ilmiah yang bertaraf internasional, wisata alam, olah raga, budaya, cinderamata dan aneka makanan khas dan pusat-pusat perbelanjaan serta kegiatan pariwisata dan budaya dapat disaksikan di kota Bogor.

 

Beberapa tempat wisata yang dapat anda kunjungi selama anda berada di kota Bogor antara lain:

 

 

Istana Bogor

 

Istana bogor

Istana bogor memiliki luas 28 Ha, didirikan pada tahun 1745 oleh gubenur jenderal hindia belanda bernama Baron Gustaf Williem Van Imhof. Di halaman istana terdapat ratusan rusa yang hidup bebas, menambah keasrian suasana. Istana bogor berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda No. 1. Telp 0251 321001.

 

 

 

Kebun Raya Bogor

 

Kebun raya bogor

Kebun raya Bogor didirikan pada tahun 1817 dengan luas areal 87 Ha atas prakarsa Prof. Dr. Reinwadt, seorang ahli botani dari Jerman. Koleksi yang terdapat di kebun raya Bogor  terdiri dari tanaman tropis dengan jenis tanaman lebih dari 20.000 tanaman yang tergolong dalam 6000 spesies. Kebun raya Bogor berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda No. 13. Telp 0251 311362.

 

 

 

 

Museum Etnobotani

 

Musium etnobotani

Musium etnobotani diresmikan pada tahun 1982 oleh Prof. DR. BJ. Habibie. Di dalamnya terdapat 2000 artefak etnobotani dan berbagai diorama pemanfaatan flora. Musium ini berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda No. 24. Telp 0251 322035.

 

 

 

Museum Zoologi

 

Museum zoologi

Musium ini didirikan pada tahun 1894 dengan nama asli Museum Zoologicum Bogoriensis. Mempunyai koleksi ribuan spesies binatang mamalia, serangga, reptilia, burung, ikan dan molliska. Musium ini terletak di Jl. Ir. H. Juanda No. 9. Telp 0251 322226.

 

 

 

Museum Tanah

 

Musium tanah

Musium tanah didirikan pada tanggal 29 September 1988. Musium ini merupakan tempat penyimpanan jenis contoh tanah yang terdapat di Indonesia dan disajikan dalam ukuran kecil berupa makromonolit. Musium berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda No. 98. Telp 0251 323012.

 

 

 

Plaza Kapten Muslihat

 

Kapten muslihat

Dikenal dengan sebutan taman topi karena bangunan-bangunan yang terdapat di sana berbentuk topi. Merupakan tempat rekreasi dan hiburan untuk umum dilengkapi berbagai jenis mainan anak, toko cinderamata dan rumah makan. Di tempat ini terdapat pula pusat informasi kepariwisataan. Berlokasi di Jl. Kapt. Muslihat No. 51. Telp 0251 345092.

 

 

 

Situ Gede

 

Situ Gede

Kawasan Situ Gede nerupakan kawasan yang masih bernuansa alam pedesaan. Air danau yang membentang luas dengan berlatarkan hutan rindang dilengkapi dengan fasilitas wisata air. Terletak di desa Situ Gede, Kecamatan Bogor barat, dekat dengan lembaga penelitian hutan tropis.

 

 

 

Museum PETA

 

Museum PETA

Musium PETA didirikan pada tahun 1996 oleh yayasan perjuangan tanah air. Di dalamnya memuat 14 diorama mengenai perjalanan perjuangan para pahlawan PETA. Musium ini berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman No. 35. Tlp. 0251 332768.

 

 

 

Museum Perjuangan

 

Museum Perjuangan

Musium perjuangan didirikan pada tahun 1957 sebagai tempat penyimpanan berbagai macam senjata yang digunakan para pejuang kemerdekaan dan terdapat koleksi senapan yang merupakan hasil rampasan dari tentara jepang, dan inggris. Musium ini dilengkapi dengan diorama perjuangan di daerah Bogor dan sekitarnya. Berlokasi di Jl. Merdeka No. 56. Tlp. 0251 326377.

 

 

 

Prasasti Batu Tulis

 

Prasasti Batu tulis

Batu bertulis ini dibuat pada masa pemerintahan Surawisesa (1521 - 1535) satu diantara putra dari Prabu siliwangi raja pajajaran. Di dalamnya terdapat 15 buah batu terasit yang terdiri dari 6 buah batu di dalam bangunan cungkup, 2 buah di serambi dan 6 buah di halaman. Prasasti ini berlokasi di Jl. Batutulis No. 54.

 

 

 

Wisata Olah Raga

 

Lapangan golf di Bogor

Kawasan wisata olah raga yang dapat dinikmati keindahan alamnya yang segar dan bebas polusi, dilengkapi dengan berbagai sarana dan fasilitas yang mendukung olah raga golf. Rancamaya golf & country club terletak di jalan Rancamaya utama Ciawi Bogor, dan Bogor golf club terletak di Jl. Dr. Semeru Bogor.

 

 

 

Wisata Agro

Wisata Agro

Wisata agro terdapat di ota Bogor dengan aneka komoditasnya yaitu ikan hias di Rancamaya, juice jambu merah di kel. Sukaresmi, juice lidah buaya di Kutalampa, beras organik di Mulyaharjadan manisan buah di Cimahpar.

 

 

 

Wisata Ilmiah

 

Wisata ilmiah

Kota Bogor dilengkapi juga dengan berbagai balai dan pusat penelitian antara lain balai penelitian tanaman rempah dan obat di Jl. tentara pelajar No. 3 (Cimanggu) Bogor, yang terkenal dengan wisata ilmiahnya. Di sana disediakan paket pengenalan budi daya, penanganan lepas panen tanaman rempah dan obat serta bursa benih dan produk. Balai penelitian hutan dan konservasi alam serta pusat penelitian teknologi hasil hutan di Jl. Gunung batu No. 5 Bogor yang memiliki arboreyum, persemaian, laboraturium penelitian, koleksi herbarium dan kebun percobaan.

 

 

 

Cinderamata

 

Cindera mata

Cinderamata dari kota Bogor diantaranya yaitu

wayang golek, goong home, karpet kayu, kerajinan kayu, batu gading, kenari, bunga kering dan kerajinan bordir. Cinderamata tersebut dapat diperoleh di lokasi sekitar kebun raya Bogor dan gednung dekranasda Jl. Binamarga No. 1B, kelurahan Baranangsiang. Phone 0251 391827.

 

 

 

Wisata Belanja Kota Bogor

 

Wisata Belanja Kota Bogor

Wisata belanja fashion dapat dijumpai sepanjang Jl, Padjajaran, serta wisata belanja sepatu dan tas terdapat di sepanjang jalan raya tajur dan jl. raya kutalampang Bogor. Demikian pula dapat dijumpai berbagai pusat perbelanjaan besar seperti botani square, bogor trade mall, ekalokasari plaza, pangrango plaza, plaza jambu dua, dll.

 

 

 

Baca Juga :

Rental mobil di Bandung

Paket OUTBOUND di Bandung

Paket arung jeram di Bandung

Paket arung jeram di Garut (Sungai Cikandang & Cimanuk)

Wisata petualangan Gunung Papandayan

 

Tidak ada di website ini atau kesulitan menemukan yang anda cari ? Silahkan gunakan pencari spesial kami dari Google..

 

RSS  TWITTER FACEBOOK  FLICKR 

 

Air Asia
Garuda Indonesia
Lion Air
Merpati Nusantara

 

Indotravelers Outbound

 

 
 

 

 

Copyright 2008 www.indotravelers.com