English Version

Home | To Do | To Go | Hotel | Tiket Pesawat | Kontak

 

Wisata Pulau Sumbawa | Hotel Di Sumbawa | Gunung Tambora | Peta Sumbawa

 

 

 

Visit west java 2008

 

WISATA DI PULAU SUMBAWA

 

 

Sumbawa adalah sebuah pulau di timur Lombok. Tidak banyak turis yang datang ke pulau ini selain para pecinta surfing, karena memang pantai-pantai di Sumbawa terkenal sangat memanjakan para surfer.


Keindahan pantai di Sumbawa tidak terbantahkan, sepintas mirip dengan pantai-pantai indah lain yang ada di pulau Lombok seperti Pantai Kuta dan Tanjung Aan. Dibukanya bandara internasional Lombok yang terletak tidak jauh dari Kuta Lombok, secara perlahan akan mengembangkan pariwisata tempat ini, bangunan-bangunan hotel besar & resort mungkin tidak lama lagi akan berjamuran, bagi sebagian besar kalangan tentu ini adalah kabar menggembirakan, tetapi bagi sebagian kalangan lain yang justru ingin menghindari hiruk-pikuk pariwisata modern seperti yang terjadi di di Kuta Bali, mungkin ini adalah pertanda saatnya untuk mencari tempat baru.


Selain wisata alam dan budaya, salah satu yang menonjol di pulau Sumbawa adalah Gunung Tambora. Gunung ini pernah meletus dengan dasyat yang menyebabkan dataran eropa mengalami musim dingin panjang. Gunung ini juga memiliki kaldera yang sangat besar yaitu berdiameter 6 Km.

 

Beberapa daya tarik wisata yang dapat anda kunjungi di Sumbawa antara lain:

 


Gunung Tambora

Tambora adalah sebuah gunung di nusa tenggara barat yang memiliki kaldera dengan diameter mencapai 6,2 Km. Kaldera sebesar itu terbentuk dari letusan yang terjadi pada tahun 1815, membuat gunung yang pada pada mulanya memiliki ketinggian 4200 meter kehilangan puncaknya dan saat ini hanya tersisa sampai dengan ketinggian 2800 meter saja. Tidak hanya besar, kaldera tambora juga sangat dalam, kedalamannya mencapai 1500 meter. Baca selanjutnya..


Pulau Moyo
Pulau Moyo bisa dikatakan sebagai tujuan wisata utama di Sumbawa, pulau ini merupakan sebuah pulau yang terletak di teluk Saleh sebelah utara Sumbawa. Pulau Moyo memiliki daya tarik wisata yang cukup lengkap, dataran pulau moyo merupakan habitat dari kawanan rusa, sapi liar, babi hutan dan burung gosong (megapodius) yang dilindungi. Selain itu juga terdapat air terterjun bertingkat yang indah. Sementara di pantai Moyo menyajikan panorama pantai yang indah, serta kekayaan alam bawah air yang mempesona, sangat cocok untuk melakukan snorkeling dan diving. Laut di sini sangat kaya akan ikan, bahkan dari atas pun kita sudah bisa melihat ribuan ikan yang berenag di pantai. Moyo Islan sudah terkenal akan keindahan alamnya, bahkan Lady Diana dan Prince William dari kerajaan Belanda pernah berlibur ke Pulau Moyo.

Pantai Saliper Ate
Dalam bahasa lokal arti dai pantai ini adalah pelipur hati. Jaraknya tidak jauh dari kota Sumbawa besar dan dapat dijangkau dengan menggunakan angkutan umum.

Pantai Kencana
berjarak sekitar 11 Km dari Kota Sumbawa Besar merupakan pantai dengan pemandangan yang indah. Disekitar pantai sudah tersedia fasilitas wisata berupa cottage dengan bentuk bangunan khas daerah Sumbawa.

Samongkat
Merupakan objek wisata alam pegunungan yang berjarak sekitar 17 km dari kota Sumbawa Besar.

Pantai Ai Manis
Sebuah pantai pasir putih yang terletak di pulau Moyo. Pantai ini kaya akan ikan dan terumbu karang sehingga cocok untuk melakukan aktifitas air seperti snorkeling. Dari pantai ini anda juga bisa menyaksikan keindahan matahari tenggelam di pulau Moyo.

Liang Petang
Masih di sekitar pulau Moyo, sebuah gua alam yang di dalamnya terdapat batu yang mirip manusia. Di sekitar gua ini terdapat gua lain yaitu gua kelelawar yang oleh masyarakat setempat sering disebut sebagai Liang Bukal.

Teluk Saleh
Teluk saleh tapat berada di depan Gunung Tambora. Pantai ini panjang dan berpasir putih, didalam airnya terdapat ribuan jenis ikan dan terumbu karang yang siap untuk dinikmati oleh wisatawan. Selain untuk pariwisata, kekayaan laut teluk saleh yang meilmpah juga dimanfaatkan oleh penduduk lokal untuk mencari penghidupan. Beberapa hasilnya sudah diekspor sampai ke luar negeri seperti Jepang dan Singapura.

Dalam Loka (Istana Tua)
Sebuah bangunan istana tua terbuat dari kayu peninggalan masa pemerintahan Sultan Muhammad Jalaluddin Syah III sekitar tahun 1885 M. Saat ini Dalam Loka digunakan sebagai Museum Daerah Sumbawa. Anda bisa melihat miniatur istana kayu ini di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Dusun Pamulung
Terletak sekitar 8 km dari kota Sumbawa Besar, dusun ini merupakan desa wisata di mana kita dapat menjumpai atraksi budaya seperti Karaci, Balapan kerbau, Tari-tarian tradisional serta pertunjukan musik tradisional.

Desa Tepal
Desa tradisional atau desa adat yang terletak sekitar 37 km dari pusat kota Sumbawa Besar. Daya tarik desa ini ialah masyarakatnya yang masih memegang teguh tradisi termasuk cara berpakaian dan bentuk rumah yang unik.

Pulau Bungin
Sering disebut sebagai pulau terpadat di dunia. Konon pulau dengan luas sekitar 6 hektar ini dihuni oleh 3.000 orang, 4.000 ekor kambing dan 1.000 ekor ayam. Pulau ini terbuat dari baru karang sehingga jarang sekali ditemukan rumput, hal ini menjadikan kambing-kambing yang hidup di sini bisa memakan apa saja termasuk kertas, sampah plastik bahkan jemuran penduduk. Unik bukan?..

Dusun Talwa
Dusun ini terkeal sebagai tempatnya pandai besi /Black Smith. Dalam membuat peralatan besi seperti pisau, parang dan lain-lain mereka masih menggunakan teknik-teknik tradisional yang sudah turun temurun dari nenek moyang mereka.

Pantai Sili dan Maci
Kedua pantai ini adalah surganya bagi peselancar. Setiap tahun di pantai ini diadakan perlombaan selancar tingkat dunia.

 

 

Tidak ada di website ini atau kesulitan menemukan yang anda cari ? Silahkan cari di sini..

Follow Us..

 

 

RSS  TWITTER FACEBOOK  FLICKR 

 

Air Asia
Garuda Indonesia
Lion Air
Merpati Nusantara

 

Indotravelers Outbound

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Copyright (c) 2008 www.indotravelers.com