Wisata Gunung Rinjani.

Panorama Pantai Senggigi Lombok

Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia setelah gunung Kerinci atau puncak ketiga tertinggi setelah puncak Jaya / Carstenz pyramid di Papua.

Gunung Rinjani terletak di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat dan masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Taman nasional ini juga terdaftar di UNESCO sebagai taman geologi di Indonesia.



Di puncak gunung Rinjani anda akan melihat kaldera yang sangat besar (dengan luas sekitar 50 Km2) dengan danau (Segara Anak) dan gunung kecil (Gunung Baru) di tengahnya. Pemandangan di puncak sangatlah indah, cukup untuk membayar lelah perjalanan anda selama mendaki. Apabila anda cukup waktu dapat mencoba turun ke kawah & memancing. Di danau Segara Anak banyak terdapat ikan Mas & Mujair. Selain itu juga terdapat kolam air panas, cobalah berendam di kolam ini yang mungkin merupakan kolam air panas tertinggi di Indonesia. Suhu udara di puncak Rinjani sangat dingin, bisa mencapai 4 derajat Celsius

Gunung Rinjani

Menuju puncak gunung Rinjani bisa ditempuh dari dua tempat yaitu pintu Senaru dengan ketinggian 600 M dpl dan pintu Sembalun (Sembalun Lawang) dengan ketinggian 1.150 M dpl. Pintu Sembalun lebih banyak dipilih karena lebih dekat ke puncak sehingga bisa menghemat tenaga.

Peta Lokasi Gunung Rinjani Lombok

Koordinat : -8.41759167, 116.46306389

MOUNT RINJANI TREKKING (3726 Mdpl)

Hari Ke I
AIRPORT - SEMBALUN LAWANG
Peserta akan dijemput dari Airport menuju Desa Sembalun Lawang. Lalu Cek In untuk menginap 1 malam di Guest House dengan View Gn. Rinjani. Sisa waktu yang ada akan digunakan untuk beristirahat atau acara bebas.
(Meals: Breakfast + Lunch + Dinner)

Hari Ke II
SEMBALUN LAWANG - PLAWANGAN
Setelah sarapan, pendakian hari pertama dimulai hingga Plawangan (2639 Mdpl). Dalam perjalanan ke Plawangan, peserta akan melewati sebuah tanjakan yang cukup tinggi, kurang lebih memerlukan waktu 3 jam. Setelah itu Peserta akan beristirahat dan berkemah di Plawangan ini.
(Meals: Breakfast + Lunch + Dinner)

Hari Ke III
PUNCAK RINJANI - DANAU SEGARA ANAK
Pendakian ke Puncak Rinjani (3726 Mdpl) dimulai pada Pukul 03.00 dini hari setelah sarapan. Pendakian ini dilakukan agar Peserta dapat menyaksikan Sunrise (matahari terbit). Selama Pendakian ke Puncak, Peserta diwajibkan memakai Kaca Mata (Anti Debu). Setelah mengabadikan beberapa moment dan beristirahat, Peserta kembali turun ke Plawangan, berkemas dan melanjutkan perjalanan ke Danau Segara Anak. Di Danau Segara Anak, peserta bisa mandi dikolam air panas; memancing, menikmati suasana pegunungan, keindahan danau dan sunset, membuat api unggun, bernyanyi dan berkemah disini. (Meals: Breakfast + Lunch + Dinner)

Hari Ke IV
DANAU SEGARA ANAK - SENARU - AIRPORT
Setelah makan pagi, Peserta melanjutkan perjalanan ke Desa Senaru. Peserta akan beristirahat sejenak di Desa ini sebelum diantar menuju Airport atau tempat lainnya. seperti Senggigi / Pulau Gili.
(Meals: Breakfast + Lunch)

Biaya Pendakian 4 Hari 3 Malam : Rp. 2.500.000 /Peserta (Minimal 6 Peserta)

Fasilitas :
- Penginapan (Guest House)
- Transportasi Airport - Sembalun PP
- Camping Gear (Tenda Doom, Matras, Sleeping Bag, Peralatan Masak)
- Tiket Masuk Gn. Rinjani
- 3X Makan Setiap Hari (Pagi, Siang, Malam)
- Buah-buahan Segar, Sayuran Segar, Ayam, Beras
- Snack (Biskuit, Coklat, Roti, Keju, Selai, Teh, Kopi, Susu)
- Guide, Porter & P3K

Peralatan yang harus dibawa Peserta:
- Daypack
- Pakaian Pribadi + Cadangan; Baju Hangat (Sweeter Dll) & Celana Panjang (Secukupnya)
- Kamera / Handycam
- Peralatan Mandi & Ibadah
- Raincoat / Jas Hujan
- Sepatu & Sendal Trekking (Sepatu yang kuat dan tidak terlalu sempit)
- Kaos Kaki Tebal, Sarung Tangan, Sarung Kepala & Topi lapangan
- Kacamata Hitam & Sunblock (Jika ada)
- Makanan dan Minuman Tambahan Pribadi
- Obat-obatan Pribadi (Yang direkomendasikan Dokter atau Rumah Sakit) & Tiger Balm / Obat semprot otot (untuk nyeri otot)
- Tidak dianjurkan untuk mendaki bagi Peserta uang memiliki penyakit Sesak Napas, Jantung Koroner, Epilepsi, Darah Tinggi, Indikasi Vertigo dan penyakit berbahaya lainnya
- Pakaian Renang (jika anda berniat untuk berenang di Danau)