English Version

Home | To Do | To Go | Hotel | Tiket Pesawat | Kontak

Wisata Lombok | Gili Island | Senggigi | Hotel | Villa | Restaurant | Peta Lombok | Transportasi

 

 

 

Visit west java 2008


 

WISATA DI LOMBOK

 

Terletak di sebelah timur Bali, Lombok saat ini dikenal sebagai pulau Bali masa lalu sebelum hiruk pikuk wisatawan saat ini. Dengan pemandangan pantai yang indah, air terjun memikat, Gunung Rinjani yang menjulang tinggi dan merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia dikombinasikan dengan wisatawan yang relatif sedikit, Lombok adalah surga bagi wisatawan.
 

Lombok


Pulau Lombok dan pulau Bali dipisahkan oleh Selat Lombok yang merupakan batas biogeographical antara fauna Indo-Malaysia dan fauna Australasia. Batas ini dikenal sebagai Line Wallacean, setelah Alfred Russel Wallace yang pertama berkomentar atas perbedaan mencolok antara hewan yang ditemukan di sebelah barat Indonesia dengan sebelah timur Indonesia, dimana hewan-hewan di sebelah timur selat lombok lebih mirip hewan hewan yang ditemukan di Australia.

 

Batu Bolong


Dibandingkan dengan tetangganya Bali, Lombok memiliki iklim yang lebih kering, di sini jarang sekali terjadi hujan lebat dengan durasi lebih dari 2 jam, dengan demikian Lombok menjadi pilihan yang menarik untuk berwisata selama musim hujan di Indonesia, yaitu sekitar bulan Oktober Desember. Walau demikian puncak musim turis di Lombok biasanya terjadi antara bulan Mei sampai dengan Agustus.


Bahasa lokal masyarakat Lombok adalah bahasa Sasak, namum tidak perlu terlalu khawatir karena kebanyakan dari mereka juga mengerti bahasa Indonesia, dan sebagian kecil bisa berbahasa Inggris terutama para pelaku pariwisata. Beberapa Tempat Wisata di Lombok antara lain:

 

 

 

Gili

 

sunrise gili trawangan

 

Gili berarti pulau kecil dalam bahasa Sasak (suku asli P Lombok), sejatinya masih banyak Gili di sekitar pulau Lombok, tetapi yang merupakan tujuan utama pariwisatawan terutama turis asing ialah Gili Trawangan. Untuk mencapai Gili, anda bisa menggunakan transportasi laut dari lombok maupun Bali. Baca Selanjutnya..

 

Senggigi

 

Pantai Senggigi


Daerah senggigi bisa dikatakan sebagai pusat pariwisata di pulau Lombok. Senggigi terleta di sebelah barat Lombok, senggigi memiliki pemandangan pantai yan indah dengan pasirnya yang mirip dengan keadaan di pantai Kuta Bali, terumbu karang yang masih sehat dan indah cocok untuk menikmati wisata snorkeling dan pemandangan sunset yang sangat indah. Baca Selanjutnya..

 

Pantai Kuta Lombok

 

pantai kuta lombok


Pantai Kuta Lombok adalah sebuh pantai terpencil di pedalaman Lombok yang memiliki keindahan menakjubkan. Pasir di pantai ini unik, bentuknya seperti buah merica dengan bulir-bulir yang besar berwarna putih, airnya jernih dengan gradasi warna biru yang menawan, suasananya jauh dari keramaian, cocok untuk anda yang bosan dengan hiruk pikuk kota besar. Baca selanjutnya..


Tanjung Aan

 

Pantai tanjung aan lombok


Tanjung aan adalah sebuah pantai yang terletak di sebelah selatan pulau Lombok, letaknya tidak jauh dari pantai Kuta Lombok atau tepatnya bersebelahan. Berbeda dengan senggigi atau Kuta, tanjung Aan merupakan pantai yang sepi. Baca Selanjutnya..


Sukarere

 

Namada

 

Adalah tempat anda melihat pengrajin membuat kerajinan langsung di tempatnya, apabila anda ingin membeli sebagai souvenir juga harga yang ditawarkan lebih murah. Selain itu juga anda bisa melihat pengrajin tenun kain khas Lombok di desa Sukarana.

 

Pura Batu Bolong

 

Pura Batu Bolong


Pura batu bolong merupakan sebuah pura kecil yang terdapat di daerah Senggigi, Lombok. Apabila anda melakukan perjalanan darat dari Mataram menuju pelabuhan Bangsal (tempat penyebrangan reguler ke Gili Trawangan) melalui jalur pantai, anda akan melewati pura ini. Baca selanjutnya..

 

Narmada Park (Taman Narmada)

Terletak 10 km sebelah timur Mataram, taman ini awalnya adalah tempat relaksasi untuk raja pada masa kerajaan di Indonesia. Di taman ini terdapat sebuah kuil Hindu dan kolam renang. Juga terdapat sebuah air mancur yang dipercaya bisa membuat awet muda bagi mereka yang meminum airnya. Biaya masuk untuk taman ini adalah sekitar Rp 4000 untuk wisatawan lokal, sedangkan untuk turis asing dikenakan biaya sekitar Rp 10.000. Taman ini sangan ramai oleh wisatawan local terutama di hari minggu dan hari libur, sehingga sangat cocok unruk anda yang ingin melihat orang-orang Lombok bermain.

 

 

 

Air Terjun Sindang Gila
Sebuah air terjun yang cukup indah yang terletak di dekat Senaru, sayangnya pengelolaannya masih kurang professional dengan banyaknya pemandu wisata dari masyarakat lokal yang sering memaksa dan meminta uang kepada wisatawan yang berkunjung. Air terjun ini terletak di sebelah utara pulau Lombok.
 

Danau Segara Anak

Walau tidak mudah untuk dapat melihat dan menikmatinya secara langsung, danau ini memiliki keindahan yang luar biasa dan patut untuk dikunjungi. Danau Segara Anak merupakan danau yang berada di atas Gunung Rinjani, gunung dengan ketinggian 3.726 Meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung kedua tertinggi di Indonesia setelah Pegunungan Jayawijawa di Papua.

 

Gunung Rinjani

 

Danau Segara Anak sejatinya merupakan kawah dari Gunung Rinjani, di dalam kaldera raksasa ini juga terdapat gunung kecil yang bernama Gunung Baru Jari yang menambah eksotisnya pemandangan Danau Segara Anak. Terdapat cukup banyak agen perjalanan di Lombok menawarkan paket trekking menuju Segara Anak, biasanya paket yang ditawarkan memiliki durasi sekitar 2 sampai 3 hari, pastikan anda memiliki cukup waktu serta fisik yang memadai untuk mengikutinya.

 

Selama perjalanan menuju Danau Segara Anak, anda akan melihat beberapa objek wisata lain di sekitarnya, seperti air terjun, goa dan kolam air panas alam yang bisa digunakan untuk berendam, kolam air panas ini bisa dikatakan sebagai pemandian air panas tertinggi di Indonesia.

 

Pura Lingsar

Pura yang dibangun sekitar tahun 1714 ini merupakan pura yang sangat unik, karena selain digunakan sebagai tempat beribadah bagi umat Hindu, pura ini juga digunakan sebagai tempat beribadah bagi umat Muslim yang ada di sekitarnya.

 

Di dalam kompleks pura Lingsar, terdapat dua bangunan utama, yakni yang disebut sebagai Pura Geluh dan Kemalik. Pura Geluh digunakan sebagai tempat beribadah umat Hindu, sedangkan umat Muslim beribadah di bangunan Kemalik.

 

Di dalam kompleks pura juga terdapat sebuah kolam yang diberi nama Telaga Ageng, uniknya ikan di dalam kolam ini hanya mau diberi makan telur ayam rebus, wisatawan dapat mencobanya dengan terlebih dahulu membeli telur rebus yang dijual di sekitar pura. Konon ikan yang menghuni Telaga Ageng merupakan ikan keramat.

 

Keunikan lain dari Pura Lingsar ialah diselenggarakannya upacara Perang Topat setiap tahun, perang topat merupakan upacara dimana kedua kelompok saling berberang dengan cara saling melempar nasi ketupat sebagai senjata. Upacara ini ditujukan untuk menunjukan rasa syukur atas karunia Tuhan yang telah diberikan kepada masyarakat setempat.

 

Pura Narmada

Bagi wisatawan yang pernah berkunjung ke Lombok atau Gili Trawangan pasti tidak asing dengan nama ini. Ya, Narmada merupakan merek minuman kemasan yang banyak ditemui di Lombok dan sekitarnya, konon sumber air minum kemasan ini diambil dari kawasan Narmada, sebuah tempat di mana Pura Narmada berdiri.

 

Narmada, Sumber: Panoramio

 

Pura Narmada merupakan sebuah tempat yang indah dengan taman, kolam dan danau disekitarnya serta terawat dengan baik, Pura Narmada dibangun sekitar tahun 1727 oleh raja Mataram Lombok dan merupakan replika dari Gunung Rinjani dengan Danau Segara Anak.

 

Pura Suranadi

Pura Surnadi merupakan sebuah komplek pura yang terletak tidak terlalu juah dari Pura Narmada. Pura Surnaldi merupakan pura tertua dan tersakral yang ada di Lombok. Terdapat kolam yang berisi belut keramat yang kadang keluar jika diberi makanan berupa telur ayam rebus yang banyak dijual di sekitar pura, namun pada kenyataannya untuk melihat belut ini keluar ke permukaan membutuhkan banyak keberuntungan.

 

 

 

Baca Juga : Tanjung Aan | Gili Trawangan | Pura Batu Bolong | Pantai Senggigi

 

 

 

Indotravelers Outbound

 

 

 

 

 

Copyright (c) 2008 www.indotravelers.com