Home | To Do | To Go | Hotel | Tiket Pesawat | Kontak

 

Potensi Wisata Sumedang | Peta Sumedang | Atraksi Budaya Sumedang | Kuliner Sumedang | Hotel Di Sumedang

 

 

 

Visit west java 2008

 

 

 

Domba adu

Domba Aduan..

 

ATRAKSI ADU DOMBA JAWA BARAT.


Adu domba merupakan salah satu kesenian khas rakyat jawa barat yang cukup digemari, terutama di kalangan tradisional. Kesenian ini merupakan peninggalan leluhur yang masih bertahan eksistensinya hingga saat ini.

 

Antrian domba untuk bertanding

Antrian domba menunggu giliran pertandingan..

 

Pada intinya adu domba ialah ajang pamer ketangkasan hewan ternak yang pada akhirnya akan menaikan gengsi suatu perkumpulan ternak tertentu. Para pesertanya ialah peternak-peternak domba yang tersebar hampir di seluruh jawa barat, terutama daerah garut, sumedang, bandung, majalengka dan lainya. Event adu domba dilaksanakan setiap tahun dengan sistim kompetisi, hampir setiap bulan kegiatan ini dilaksanakan bergilir di daerah-daerah. Di bandung arena adu domba salah satunya terletak di lebak siliwangi (di samping lapangan olah raga SABUGA ITB).

 

Suasana atraksi adu domba

Suasana saat atraksi..

 

Setiap event adu domba selalu dipadati oleh penonton. Kegiatan ini juga memiliki gengsi yang cukup tinggi karena banyak tokoh-tokoh sunda yang juga merupakan penggemar sekaligus  pemiliknya, seperti Kang Ibing, Dll.

Hadiah yang diperebutkan juga tidak sembarangan, sebuah mobil atau motor adalah hal yang sudah biasa. Ini tidaklah mengherankan karena harga seekor domba adu bisa mencapai puluhan juta rupiah.

 

Seperti halnya pertandingan tinju, ajang ini juga dilengkapi oleh juri penilai, wasit dan pelatih domba yang ikut menari jaipongan setiap kali dombanya beraksi. Biasanya setiap pertandingan dibagi ke dalam dua ronde, dan masing-masing ronde terdiri dari sepuluh kali tumbukan kepala. Adu ketangkasan ini juga dibagi ke dalam kelas-kelas yang berbeda berdasarkan bobot domba petarung.

 

Atraksi pencak silat

Salah satu jurus  pencak silat sang jawara..

 

Ajang adu domba juga sering kali diselingi oleh atraksi pencak silat, juga musik tradisional. Ini menjadikan kegiatan sangat meriah dan menarik. Sayangnya peomosi yang masih bersifat internal di kalangan penggemar domba, menjadikan atraksi yang memiliki nilai wisata ini belum bisa menarik wisatawan asing dan mendatangkan devisa bagi daerah. (yogi, indotravelers.com)

 

video adu domba

Download video atraksi adu domba (1.1 Mb, wmv), Klik di sini..

 

 

 

HOT DEAL :

 

Bandung Rafting Package

Arung jeram di Bandung, harga mulai Rp. 150.000 / Orang...

 

Paket Outbound Di Bandung

Rafting, Games Outbound, Paint Ball, High Rope, Flying Fox..

 

 

Follow Us..

 

 

RSS  TWITTER FACEBOOK  FLICKR

 

 

Indotravelers Outbound

 

 

Wayang Golek Si Cepot

 

 

 

 

 

Copyright 2008 www.indotravelers.com