Tempat Wisata Di Bangka Belitung.

Provinsi Bangka Belitung merupakan sebuah kepulauan dengan potensi pariwisata yang sangat besar terutama wisata bahari. Pantai di sini sangatlah unik dengan batu-batu berukuran raksasa dan pasir putih serta air yang jernih jauh dari polusi kota besar serta air laut yang nyaris tanpa ombak. Bangka Belitung juga dikenal sebagai negeri Laskar Pelangi.

Provinsi bangka belitung juga sudah dilengkapi oleh sarana dan prasarana penunjang wisata yang memadai seperti Hotel, Villla, Penginapan dan sarana lainnya seperti Restaurant / Rumah Makan.





Pangkal Pinang

Sebagai ibukota provinsi sekaligus sebagai pintu gerbang provinsi Bangka-Belitung, kota Pangkalpinang berfungsi sebagai pusat pemerintahan dan pemukiman penduduk, pusat perdagangan, industri, pusat pelayanan sosial (pendidikan dan kesehatan), pusat distribusi barang dan jasa, pusat administrasi penambangan timah dan pusat lembaga keuangan. Pangkalpinang juga memiliki fasilitas penunjang pariwisata yang cukup lengkap seperti Restauran,  Hotel, agen perjalanan dan tempat wisata hiburan.





Berikut adalah beberapa tempat wisata yang dapat anda kunjungi di Kota Pangkalpinang: Pantai Pasir Padi, Bukit Intan Golf, Bangka Botanocal Garden, Rumah Residen, Museum Timah dan lainnya.

Kota Bangka

Sebagai kota antai, Sungailiat memiliki alam laut yang sangat indah di timur kota. Pantai yang menghadap ke ujung selatan lau china selatan dan selat karimata ini telah berkembang menjadi resort wisata yang representatif. Hotel, pondok-pondok wisata sampai dengan rumah makan dan losmen / home stay tumbuh subur di sini.





Pantai Matras, sekitar 7 Km dari pusat kota Sungailiat adalah pantai paling populer di daerah ini sejak lama. Pantai Parai Tenggiri atau Rock Island, penuh tebaran batu-batu karang dan geranit yang memberikan keunikan tersendiri. Pantai Tanjung Pesona yang berjarak sekitar 9 km dari kota juga tidak kalah eksotis dengan objek-objek lain. Masih terdapat beberapa objek wisata pantai yang lain, serta tidak lupa wisata sumber air panas Tirta Tapta yang berjarak sekitar 20 km dari pusat kota.

Bangka Barat

Bangka Barat memiliki sejarah nasional dan internasional di Mentok, mulai dari tragedi Vyner Brooke, hingga pengakuan dunia atas kedaulatan RI yang bermuara dari pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta di Mentok.



Sebuah mercusuar yang berdiri tegar kokoh di Tanjung Kalian adalah sebuah sarana penyelamat lalulintas kapal yang dibangun oleh pemerintah Belanda pada taun 1862. Mercusuar ini memiliki ketinggian lebih kurang 65 M dan terdiri dari 16 lantai. Dari atas menara kita dapat melihat keindahan sekeliling antara lain sebelah barat tampak pantai Tanjung Kalian dengan pasir putih sepanjang 5 km, ke sebalah timur tampak pelabuhan tua kota Mentok,. Jangkauan cahaya mercusuar ini di waktu malam dapat mencapai jarak 5 Km.

Beberapa objek wisata yang dapat dikunjungi di Bangka Barat antara lain: Pasanggrahan Gunung Menumbing dan Pantai Pasir Kuning

Bangka Tengah

Sebelum memasuki pantai Koba dari arah Pangkalpinang, daerah wisata yang dapat anda kunjungi adalah desa nelayan Kurau yang mayoritas menghuninya adalah masyarakat Bugis, dan tetangganya desa Penyak.
Sebagai daerah transisi, kabupaten Bangka Tengah (Koba) merupakan penghubung antar daerah di Bangka. Memliki fasilitas bandar udara di Pangkalan Baru, dan pelabuhan yang cukup ramai di daerah Sungai Selan. Selain itu bangka tengah juga memiliki sentra perkebunan lada serta potensi pertanian lainnya.



Beberapa objek wisata yang dapat anda kunjungi antara lain: Pantai Penyak, Pantai Batu Beriga, Pantai Sumur Tujuh, Pantai Tanah Merah dan pantai Tanjung Langka.

Bangka Selatan

Kabupaten Bangka Selatan beribu kota di Toboali, kota ini sudah terkenal sejak dahulu sebagai pusat perekonomian di wilayah selatan pulau Bangka.
Sejarah melukiskan bahwa bangsa portugis pernah singgah di Toboali, mereka membangun benteng untuk melindungi diri dari serangan bajak laut, peninggalan benteng ini masih dapat dilihat di kelurahan Tanjung Ketapang, atau berjarak sekitar 10 menit perjalanan dari pusat kota Toboali.

Beberapa objek wisata yang dapat anda kunjungi di daerah Bangka Selatan antara lain Terumbu karang Lepar Pongok, Pantai Tanjung Kerasak, Pantai Batu Berdaun Rajik dan Pantai Pulau Selagen.

Belitung

Kabupaten Belitung memiliki pesona pantai yang unik dengan baru-batu berukuran besar yang tersebar di pantai. Mengunjungi pantai dengan batu berukuran raksasa seperti ini akan memberikan nuansa dan pengalaman tersendiri yang tidak bisa didapatkan di tempat lain.





Selain keindahan alam, Blitung juga memiliki potensi budaya dan sejarah yang menarik. Beberapa objek wisata yang dapat anda kunjungi di pulau Belitung antara lain: Pulau Lengkuas, Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Pendam, Desa Nelayan Tanjung Binga, Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Bukit Berahu. Sedangkan pantai dengan batu-batu besar dengan formasi yang unik yang dapat anda kunjungi antara lain : Pantai Tanjung Kelayang, Pulau Babi, Pulau Batu Berlayar dan Tanjung Tinggi.