English Version

Home | To Do | To Go | Hotel | Tiket Pesawat | Kontak

Wisata Lombok | Gili Island | Senggigi | Hotel | Villa | Restaurant | Peta Lombok | Transportasi

 

 

 

Visit west java 2008


 

WISATA GILI TRAWANGAN

 

Untuk menuju Gili Trawangan dari pulau Lombok dapat ditempuh dengan berbagai cara, yag paling umum ialah menggunakan perahu penyebrangan dari pelabuhan Bangsal. Untuk mencapai pelabuhan itu sendiri dapat ditempuh menggunakan taxi dengan ongkos sekitar 100.000 dari bandara Selaparang, Lombok. Tetapi berhati-hatilah dengan tawaran taxi yang ada di pintu keluar bandara. Berjalanlah sedikit sampai jalan raya di luar bandara lalu ambil taxi BlueBird.

 

Biasanya supir akan memberikan dua pilihan jalur menuju pelabuhan Bangsal, yaitu melalui jaur tangah dan jalur pantai . Yang dimaksud dengan jaur pantai ialah jalan yang dilalui melewati pinggiran pantai sebelah barat Lombok antara lain Senggigi, Pura Batu Bolong dan beberapa view point dengan pemandangan pantai yang indah, saran saya anda memilih rute ini, jalannyapun relatif lebih baik & mulus, tetapi apabila anda memilih jalur tengah anda akan melewati monkey forest atau yang dikenal dengan nama Baun Pusuk.

 

Sesampainya di pelabuhan, taxi tidak bisa masuk ke bibir pantai tempat pembelian tiket penyebrangan, melainkan harus berhenti di semacam terminal kecil yang disebut stasiun olen masyarakat setempat, dari sini banyak cidomo yang dapat membawa anda ke bibir pantai / pos tiket pelabuhan dengan tarif per orang sekitar Rp. 10.000, tapi sejatinya jarak antar terminal dengan bibir pantai tidak terlalu jauh, kurang lebih 200 meter, mungkin anda bisa mencoba berjalan kaki sambil menikmati suasana, tetapi apabila anda termasuk orang yang tidak menyukai berjalan kaki, atau anda membawa terlalu banyak barang sebaiknya menggunakan kereta kuda / cidomo.

 

Pelabuhan Bangsal

Tempat penjualan tiket penyebrangan di pelabuhan Bangsal, Lombok.


Sesampainya di pelabuhan, terdapat bangunankecil dari kayu tempat penjualan tiket penyebrangan dengan rute Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Pelabuhan ini sedikit unik karena penumpang baru bisa menaiki perahu apabila pembeli tiket sudah berjumlah 20 orang, jadi jangan kaget apabila kita harus menunggu beberapa menit bahkan beberapa puluh menit. Petugas akan memberitahu melalui pengeras suara berapa orang lagi yang masih diperlukan untuk perahu bisa berjalan. Ini adalah penyebrangan regular yang digunakan oleh masyarakat setempat selain wisatawan, jadi di dalam perahu sering kali terdapat banyak barang bahkan binatang seperti ayam dalam keadan hidup. Harga tiketnya ialah Rp.10.000 dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Alternatif lainnya ialah dengan menggunakan speed boat carteran dengan biaya sekitar Rp. 250.000. s/d Rp. 700.000.

 

pelabuhan di gili trawangan

Pelabuhan kapal penyebrangan di Gili Trawangan

 

Jeti di Gili Trawangan

Jeti, pintu masuk Gili Trawangan.

 

pelabuhan di gili trawangan

Pos tempat penjualan tiket kapal penyebrangan di Gili Trawangan.

Sedikit lebih baik jika dibandingkan dengan pelabuhan Bangsal.. ;-)


Gili Trawangan merupakan sebuah pulau kecil yang eksotis, di sekitarnya masih terdapat 2 buah gili / pulau kecil lain, yaitu Gili Meno dan Gili Air. Gili Trawangan dapat dikelilingi dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda sewaan dengan waktu sekitar 1 jam. Di beberapa tempat jalan yang dilalui merupakan pasir halus sehingga sepeda akan sulit dikendarai atau harus didorong, di beberapa tempat lainnya kita harus berjalan tepat di bibir pantai karena terjadi abrasi. Tariff Sewa sepeda di gili trawangan ialah Rp. 15.000 rupiah / jam, atau apabila anda menyewanya sehari penuh harganya menjadi lebih murah yaitu Rp. 50.000.

 

cidomo, alat transportasi di gili trawangan

Cidomo, alat transportasi di Gili Trawangan selain sepeda.

Tidak ada kendaraan bermotor di pulau ini..

 

jalan utama di gili trawangan

Jalan utama di Gili Trawangan.

Jangan membayangkan jalan besar beraspal, jalan di sini masih terbuat dari tanah / pasir.


Banyak sekali turis asing di Gili Trawangan, bahkan sepertinya mayoritas penghuni pulau ini adalah turis asing. Gili trawangan sudah dilengkapi oleh hotel-hotel yang cukup lengkap dan berfariasi disesuaikan dengan budget anda, dengan restaurant-restaurant yang berjejer di sepanjang pantai. Untuk para turis lokal dengan budget terbatas, terdapat rumah makan dengan masakan Indonesia di depan Jeti / pelabuhan, tempat ini bernama pasar seni atau penduduk lokal sering juga menyebutnya sebagai central Gili Trawangan. Di siang hari menu andalannya ialah nasi campur dengan harga sekitar Rp.10.000, cukup murah bukan? sedangkan di malam hari terdapat pilihan seafood, ayam bakar dan lainnya dengan harga yang relatif terjangkau.

 

pasar seni gili trawangan

Suasana Pasar Seni di malam hari, tempat makanan lokal dan murah.


Tidak banyak yang bisa dilakukan di pulau ini, aktifitas yang lazim ialah olahraga air seperti menyelam, snorkeling, mengelilingi pulau dengan menggunakan sepeda atau berjalan kaki, atau sekedar bersantai sambil menikmati pemandangan pantai. Di sore hari banyak orang berkerumun di sebelah barat pulau untuk melihat matahari terbenam, tempat ini diberi nama sunset view.

 

sunrise gili trawangan


Untuk urusan hotel, selain cottage dengan harga jutaan rupiah, terdapat juga losmen-losmen dengan harga terjangkau dengan harga sekitar Rp. 150.000 / malam sudah termasuk sewa sepeda gratis.

 

 

Peta Gili Trawangan

Koordinat : -8.354958, 116.043083

 

 

 

Baca Juga : Pantai Kuta Lombok | Tanjung Aan | Pura Batu Bolong | Pantai Senggigi

   

 

 

 

RSS  TWITTER FACEBOOK  FLICKR

 

 

Indotravelers Outbound

 

 

 

 

 

 
Copyright (c) 2008 www.indotravelers.com