Review Java Banana Hotel & Gallery Bromo

JAVA BANANA HOTEL & GALLERY, BROMO (Sekarang bernama Jiwa Jawa Resort)
Jl Raya Bromo, Wonotoro, Sukapura, Probolinggo. (lihat petunjuk arah jalan dari Djuanda Surabaya ke Java Banana Bromo)
Phone: +62-335-541193

"Hotel butik dengan pemandangan indah gunung Bromo, Java Banana Hotel juga menyediakan fasilitas wisata dengan kendaraan 4x4 ke Gunung Bromo.."


Melihat matahari terbit di kawasan Bromo telah menarik minat wisatawan domestik maupun asing untuk berkunjung sehingga di kawasan ini banyak bermunculan tempat penginapan. Hampir seluruh tempat penginapan di kawasan Bromo hanya menyediakan tempat sebagai tempat persinggahan sementara untuk meluruskan badan dan kaki sebelum menuju Gunung Pananjakan di dini hari. Tempat pilihan wisatawan biasanya berdasarkan jarak yang tidak terlalu jauh dari puncak gunung. Karenanya tempat penginapan di kawasan ini memberikan pelayanan, kebersihan dan kondisi standar, bahkan di bawah standar.

Java Banana Hotel & Gallery, Bromo

Kawasan wisata Bromo sangat terpencil dengan akses terbatas untuk mencapai kota terdekat, yaitu Probolinggo. Untuk mencapai tempat ini, wisatawan harus melakukan perjalanan yang cukup panjang sehingga mereka tentunya menginginkan tempat istirahat yang nyaman, bersih dan dekat ke puncak gunung di tempat ini. Hal ini cukup sulit dilakukan di kawasan wisata Bromo, karena sebagian besar tempat penginapan tidak memprioritaskan kenyamanan dan kebersihan tempat mereka.

Salah satu tempat penginapan terbaik yang berada di kawasan adalah Hotel Java Banana. Hotel ini terletak di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut sehingga suhu di hotel ini mencapai dibawah 10 Celcius pada malam hari. Letaknya yang tidak jauh dari puncak Gunung Pananjakan membuat para tamu memiliki akses yang mudah untuk menyaksikan matahari terbit. Hotel ini juga bekerjasama dengan Paguyuban Penyewaan Jeep sebagai salah satu alternatif kendaraan menuju puncak gunung.


Hotel bintang 3 ini dapat dikatakan merupakan hotel yang dapat memberikan layanan terbaik dibandingkan tempat-tempat penginapan lainnya di kawasan ini. Perbukitan yang menjadi tempat berdirinya hotel ini membuat keterbatasan jumlah kamar dan letaknya yang cukup berjauhan satu area ke area lainnya. Para tamu dapat menikmati pemandangan perbukitan yang ditanami dengan pepohonan, bunga berwarna-warni serta desain hotel yang menggunakan kayu dan batu. Adanya kolam dan air terjun buatan terasa segar dan menenangkan.

Java Banana Hotel & Gallery, Bromo

Hotel Java Banana juga merupakan Gallery lukisan yang dipajang di beberapa tempat seperti di lobi dan ruang makan sehingga selain menikmati pemandangan di sekitar hotel, para tamu bisa menikmati lukisan-lukisan tersebut sembari menyantap hidangan. Makanan yang disajikan sangat beragam dengan berbagai menu internasional dan tradisional walau menu tradisional terasa lebih lezat dibandingkan menu internasional yang standar. Harga yang diberikan tidak terlalu mahal mengingat tidak adanya restoran lain disekitar hotel, kecuali warung rakyat.

Kamar di hotel ini luas, bersih dan nyaman untuk beristirahat sebelum menyaksikan matahari terbit yang biasanya dimulai pada pukul 3 dini hari. Namun yang sangat disayangkan adalah kondisi handuk yang terasa tidak lembut, entah dikarenakan cuaca yang dingin atau memang salah dalam proses pencucian. Di dalam kamar juga disediakan TV LCD, telepon dan air panas untuk pancuran di kamar mandi. Pelayanan yang diberikan karyawan hotel ramah dan sangat membantu walau kurang cepat tanggap dan terlatih sebagaimana hotel bintang 3 di tempat-tempat lainnya.

Java Banana Hotel & Gallery, Bromo

Tempat ini banyak diminati oleh warga asing ataupun keluarga yang membawa anak kecil. Anak-anak dapat bermain taman-taman hotel yang cukup luas di waktu matahari masih bersinar dan menikmati bintang-bintang di malam hari dari balkon kamar ataupun restoran. Namun bagi backpacker atau anak-anak muda, hotel ini mungkin kurang diminati terutama karena harga kamar yang mahal untuk ukuran hotel bintang 3. Hotel ini merupakan pilihan terbaik bagi anda yang ingin mengunjungi kawasan wisata Bromo secara nyaman dan mewah. Harga memang tidak bohong, selama anda memiliki uang maka anda bisa mendapatkan kenyamanan selama perjalanan anda ke Bromo. (Dylla Aswin, Indotravelers)

Peta Lokasi Hotel Java Banana Bromo (Jiwa Jawa Resort)



Artikel Lainya