Home | To Do | To Go | Hotel | Tiket Pesawat | Kontak

 

 

 

Visit west java 2008

 

WISATA RAJA AMPAT, PAPUA.

 

Kepulauan raja ampat saat ini menjadi buah bibir di kalangan pelancong karena keindahan alamnya. Keindahan alam raja ampat bukan hanya di dalam air saja yang memang sudah terkenal sebagai ekosistem tempat tinggal dari 75% spesies ikan yang ada di dunia, tetapi juga keindahan bentang alamnya yang berupa pulau-pulau kars / batu kapur yang sangat indah dan tidak akan anda jumpai di tempat lain.

 


Ekosistim bawah laut kepulauan raja ampat masih sangat sehat dan jauh dari polusi kota besar, ikan yang hidup di sini sangatlah melimpah, penduduk setempat memanfaatkannya dengan cara tradisional yang ramah lingkungan, sehingga tidak merusak ekosistim yang ada. Beberapa nelayan asal Bajau yang tinggal di kepulauan raja empat untuk berburu ikan teri dapat mengumpulkan lebih dari 1 ton ikan teri kering dalam satu bulan hanya dengan menggunakan peralatan tradisional sederhana.


Di bidang pariwisata, tempat ini sepertinya baru saja ditemukan. Tidak banyak fasilitas mewah di sini, tetapi justru itulah yang membuatnya berbeda. Kebanyakan turis yang datang menggunakan kapal sewaan yang berangkat dari Sorong, mereka masuk ke area Raja Ampat dengan peralaan selam dan snorkelingnya.


Karena keindahannya, alam bawah lau raja ampat pernah dibuatkan film dokumenter oleh Avant Premiere yang berjudul "Edis Paradies 3", dan diputar perdana di Swiss. Pada film dokumenter ini Raja Ampat disebut semagai Amazon lautan karena berada di pusat segitiga karang dunia.

 

 


Untuk menuju kepulauan Raja Ampat, tempat terdekat yang dapat dijangkau menggunakan pesawat terbang ialah kota Sorong, dengan jarak tempuh sekitar 6 jam penerbangan dari Jakarta, biasanya pesawat transit di Makassar atau Manado. Pesawat yang memiliki jadwal penerbangan menuju Sorong antara lain Silk Air, Garuda Indonesia, Pelita Air dan Merpati.


Perjalanan berikutnya ialah menuju Waisai, ibu kota raja ampat. Kota waisai terletak di Pulau Waigeo, salah satu dari 4 pulau utama / besar di kepulauan raja ampat yaitu Pulau Misool, Salawati, Batanta dan Waigeo itu sendiri.


Apabila anda tidak ingin repot, di kota Sorong terdapat banyak travel wisata yang menawarkan paket-paket perjalanan ke Raja ampat All-in. Anda tinggal membayar dan semua akan diatur oleh travel tersebut. Tetapi apabila anda sedikit ingin bersusah payah, anda bisa mencobanya sendiri.


Terdapat beberapa alternatif penyebrangan menuju Waisai, dari mulai menyewa speed boat dengan waktu tempuh sekitar 1 jam dengan hatga sekitar 2 juta, sampai dengan menggunakan long boat kapasitas 10 orang dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam. Apabila anda ingin berhemat, anda bisa menggunakan sarana transportasi penyebrangan reguler yang biasa digunakan oleh masyarakat setempat. Jadwal keberangkatan kapal reguler menuju Waisai dari pelabuhan rakyat sorong ialah setiap hari jam 2 siang, dan sampai di Waisai sekitar jam 5 sore dengan tarif sekitar Rp. 100.000 / Orang. Pastikan anda tidak terlambat, karena jika terlambat berarti anda harus menunggu sampai besok siang atau terpaksa menyewa perahu dengan harga yang lebih mahal.

 

Kri Eco Resort, salah satu resort "mewah" di Raja Ampat.


Jangan pernah mengharapkan hotel berbintang di Waisai, bahkan di dalam hotel termewah pun terkadang masih ditemukan kecoa yang melintas di dalam kamar anda, ya karena Waisai bukanlah objek wisata utama di Raja Ampat, melainkan pintu masuk saja.

 

Terdapat banyak penginapan / guest house di waisai dengan harga yang beragam mulai dari sekitar Rp. 300.000 / malam. Jadikan Waisai sebagai base point penjelajahan anda di Raja Ampat, anda bisa menyewa perahu dari sini untuk berkeliling melihat keindahan alam raja ampat, mencari spot diving & snorkeling, atau mencari tempat untuk berfoto. Harga sewa perahu / hari berfariasi dengan harga kisaran Rp. 500.000, harga ini untuk perahu rakyat tentunya, bukan perahu modern atau speed boat. Yang perlu di ingat ialah harga sewa perahu di Waisai biasanya belum termasuk biaya BBM, jumlah BBM yang digunakan akan tergantung dari jarak yang kita tempuh untuk mengeksplorasi Raja Ampat, cukup adil bukan?..
 

 

 

 

Baca Juga : Rental mobil di Bandung

                    Paket OUTBOUND di Bandung

                    Paket arung jeram di Bandung

                    Paket arung jeram di Garut (Sungai Cikandang & Cimanuk)

                    Wisata petualangan Gunung Papandayan

 

Tidak ada di website ini atau kesulitan menemukan yang anda cari ? Silahkan cari di sini..

Follow Us..

 

 

RSS  TWITTER FACEBOOK  FLICKR

 

Air Asia
Garuda Indonesia
Lion Air
Merpati Nusantara

BANDUNG HOT DEAL :

 

Bandung Rafting Package

Arung jeram di Bandung, harga mulai Rp. 150.000 / Orang...

 

Paket Outbound Di bandung

City tour package, selection for Nort or South trip..

 

 
Copyright 2008 www.indotravelers.com