Wisata Di Stockholm

Suatu Kota Indah yang Kaya dengan Sejarah, Stockholm.

Sebagai ibukota Negara Swedia, Stockholm merupakan kota terbesar dan menjadi pusat kegiatan politik, ekonomi dan budaya. Kota yang indah terhubung dengan Laut Baltik yang terdiri dari 14 pulau dengan 57 jembatan sebagai penghubung dari satu pulau ke pulau yang lain. Di setiap area di kota ini memiliki karakter tersendiri yang memberi kesan jarak yang jauh dari area satu ke area lainnya. Padahal setiap area di Stockholm mudah dijangkau dengan cara berjalan kaki sembari menikmati keindahan alam di kota ini. Namun sistem transportasi umum di Stockholm saat ini sudah terintegrasi dan menjangkau semua area di kota ini, baik dengan kereta maupun bus. Hal yang menarik, stasiun kereta dibuat cukup dalam ke bawah agar bisa menghubungkan setiap pulaunya sehingga memiliki eskalator atau tangga jalan yang panjang dan curam, untuk mengurangi kelamnya suasana di stasiun, maka terdapat seni grafis dengan tema yang berbeda-beda di stasiun kereta yang membuat perjalanan anda di bawah tanah terasa menyenangkan.


Wisata Di Stockholm

Wisata Di Stockholm

Tempat wajib yang perlu dikunjungi di Stockholm adalah Gamla Stan, merupakan salah satu kawasan kota tua yang terbesar di Eropa. Di Gamla Stan terdapat bangunan-bangunan tua dari masa abad pertengahan yang tetap dipelihara sebagaimana bentuk aslinya, saat ini bangunan tersebut menjadi daya tarik bagi wisatawan dan di bagian bawah beberapa bangunan terdapat restoran atau cafe, bar dan toko souvenir. Dengan berjalan kaki di kawasan ini, wisatawan juga dapat menemukan tempat-tempat bersejarah seperti Museum Nobel, katedral Stockholm, Royal Palace dan bangunan parlemen, jika beruntung anda bisa melihat parade prajurit kerajaan atau waktu pergantian penjaga di kerajaan.

Wisata Di Stockholm


Kawasan lain yang menarik di Stockholm adalah Djurgarden yang merupakan sebuah pulau tengah Stockholm. Kawasan ini memiliki taman yang sejuk dan nyaman untuk duduk bersantai di musim panas dan berkeliling pulau sembari menikmati pemandangan yang dikelilingi pepohonan, bunga dan laut yang segar, jernih dan bebas polusi. Namun bukan pemandangan indah tersebut yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke kawasan Djurgarden. Di kawasan ini terdapat banyak bangunan bersejarah, museum, galeri, taman bermain, pelabuhan yacht dan perumahan penduduk. Banyak terdapat museum di kawasan ini, seperti Museum ABBA, Grona Lund, Nordic Museum, Museum Maritim Vasa dan Museum Skansen. Skansen merupakan salah satu museum yang popular karena merupakan museum terbuka dan kebun binatang tertua di Stockholm. Museum ini menyajikan arsitektur tradisional Swedia, benda-benda yang digunakan penduduk di masa abad ke-19 serta binatang khas yang terdapat di Skandinavia. Di Djurgarden juga terdapat Junibacken yang merupakan dunia dongeng yang diperuntukan bagi anda pecinta karya penulis asal Swedia, Astrid Lindgren, salah satunya adalah Pippi Longstocking.

Wisata Di Stockholm

Wisata Di Stockholm

Hal pertama kali yang terlintas saat berpikir tentang Swedia adalah IKEA, toko penjualan keperluan rumah tangga yang praktis dengan harga yang terjangkau dan sudah terkenal di seluruh dunia. IKEA berasal dari Negara Swedia sehingga saat berkunjung ke negara asalnya sebaiknya anda meluangkan waktu untuk ke toko IKEA setempat. Pada dasarnya barang yang dijual di IKEA Stockholm hampir sama dengan cabang IKEA di negara lain walau ada beberapa koleksi yang berbeda seperti perlengkapan furniture. Selain berjalan kaki atau menggunakan kereta, pilihan lain untuk menikmati keindahan kota Stockholm adalah dengan wisata kapal (Boat tour). Wisata ini berlaku selama 24 jam dan wisatawan bisa berhenti di titik-titik wisata tertentu untuk mengeksplor tempat tersebut lebih lama dan detil. Selain mengunjungi tempat wisata, tentunya berkeliling dengan kapal akan melihat sudut lain dari Kota Stockholm.

Wisata Di Stockholm

Stockholm merupakan kota yang indah dimana banyak tersimpan sejarah serta kita dapat menikmati udara, air dan alam yang sejuk, bersih, nyaman dan terutama bebas polusi. Anda tidak perlu mendatangi tempat khusus di kota ini karena berkeliling kota sudahlah cukup untuk mendapatkan pengalaman dan sensasi yang berbeda. (Dylla Aswin, Indotravelers)


Artikel Lainya