Wisata Pulau Seribu

Wisata Pulau Seribu

Kepulauan seribu terdiri dari sekitar 140 gugusan pulau - pulau kecil yang tersebar di perairan teluk Jakarta dan merupakan kawasan wisata bahari yang menarik dan terletak tidak terlalu jauh dari ibukota Jakarta. Pulau Ayer, Putri, Pelangi, Sepa dan Pantera telah dikembangkan sebagai Resor Island. Sarana - sarana transportasi, akomodasi serta fasilitas pendukung lainya seperti peralatan untuk olahraga air dan selam juga tersedia.

Untuk mencapai kepulauan seribu, tersedia sarana transportasi laut yang berangkat dari dermaga marina jaya Ancol dengan waktu tempuh berkisar antara 1- 2 Jam. Selain itu terdapat pula taman arkeologi di pulau Onrust, Cipir, Kelor dan Bidadari. Ke keempat pulau ini menyimpan sisa - sisa bangunan peninggalan Belanda abad 17, meskipn sebagian besar kini tinggal puing - puing pondasinya saja. Onrust sendiri mulai dibangun tahun 1618 oleh Gubernur Jenderal Jan Pieterszoon Coen. Selain dermaga, ia juga membangun galangan kapal dan kincir angin untuk menggerakan mesin penggergajian kayu. Sementara di ketiga pulau lainya Belanda membangun armada pertahanan alteleri.

Salah satu benteng yang masih tersisa adalah benteng Martello di pulau Kelor dan sebuah benteng di pulau Bidadari. Sedang di pulau Cipir berdiri sisa bangunan bekas sanatorium yang dibangun pemerintah tahun 1960.

Wisata Pulau Seribu

Sarana akomodasi di pulau Bidadari berupa guest house dengan sejumlah fasilitas permainan dan olahraga bahari. Untuk mencapai pulau Bidadari dapat melalui paket perjalanan wisata atau dengan berpetualang sendiri melalui beberapa pelabuhan nelayan seperti Muara Angke, Muara Baru dan Tanjung Pasir dengan menyewa perahu nelayang yang berkapasitas 10 s/d 15 orang. Sedangkan untuk mencapau pulau Onrust adalah melalui Muara Kamal dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. (indotravelers.com)


Peta Lokasi Pulau Seribu Jakarta


Artikel Lainya