Canang Monkey Forest Bali

Pasar Ubud atau Pasar Seni Ubud merupakan pasar tradisional yang memiliki lokasi sangat strategis di pusat kota Ubud. Tepat di depan pasar ini terdapat Puri Agung Ubud, sebuah bangunan bekas pemerintahan kerajaan Ubud di masa lampau, keberadaan situs ini seolah meyakinkan bahwa Pasar Ubud ini memang berada di pusat Ubud.

Walaupun dikenal oleh wisatawan sebagai pasar seni, Ubud Market sejatinya merupakan pasar tradisional biasa yang menjual barang kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat setempat. Uniknya, bagaikan bunglon pasar ini seolah berubah fungsi setelah melewati siang hari, semakin sore pasar ini akan berubah menjadi pasar seni yang sesungguhnya, dengan aneka penjual barang-barang khas kesenian Bali seperti baju dan kain Bali, aneka kerajinan tangan antaralain tas, topi, perhiasan, benda pajangan, lukisan, aneka souvenir dan prduk-produk lainnya.

Pasar Seni Ubud Bali

Pasar Seni Ubud Bali

Pasar Seni Ubud Bali


Layaknya pasar tradisional, tawar menawar harga andalah sebuah keniscayaan di tempat ini, banyak wisatawan yang percaya bahwa dengan berbelanja di Pasar Ubud mereka mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan berbelanja di tempat lain, hal ini sangat dimungkinkan karena barang-barang kerajinan tangan incaran para turis di Pasar Ubud utamanya berasal dari desa-desa yang berada di sekitar Pasar Ubud itu sendiri, seperti Pengosekan, Tegallalang, Payangan dan Pelitan, desa-desa tersebut memang merupakan salah satu pusat kerajinan utama di Bali, sehingga sangat mungkin harga di Pasar Ubud akan lebih murah karena jarak sumber barang yang lebih dekat dibandingkan dengan berbelanja di tempat lainnya.

Pasar Seni Ubud Bali

Pasar Seni Ubud Bali

Pasar Ubud dang lingkungan sekitarnya merupakan cagar budaya yang masih mempertahankan suasana pedesaan tradisional Bali, sejak dahulu tempat ini memang sudah menginspirasi banyak seniman besar, salah satunya Antonio Blanco, yang terbaru ialah dipilihnya kawasan Ubud termasuk Pasar Ubud sebagai lokasi pengambilan gambar film Eat, Pray, Love yang dibintangi oleh Julia Roberts.

Tips Wisatawan

Banyak wisatawan yang enggan untuk masuk lebih jauh ke dalam pasar dan hanya berbelanja di bagian luar pasar saja, sejatinya pasar ini cukup luas dan memiliki 2 lantai dengan aneka barang dagangan. Silahkan gunakan kemampuan negosiasi anda untuk menawar barang yang akan anda beli namun tetap dengan menjaga kesopanan dan selalu bersikap ramah terhadap penjual. Selain Pasar Ubud, anda juga bisa berbelanja di Pasar Tegallalang dan Pasar Seni Sukawati, sehingga sebaiknya jangan terlalu terburu-buru dalam menentukan pilihan dan harga. (IndoTravelers)

Baca selanjutnya : Peta Arah Jalan Dari Bandara Internasional Ngurah Rai Ke Pasar Ubudi Bali

Peta Lokasi Pasar Ubud Bali.


Artikel Lainya