Canang Monkey Forest Bali

Pantai Pandawa adalah sebuah tujuan wisata yang relatif baru di pulau dewata, pantai tersembunyi yang sebelumnya hanyalah sebuah desa penghasil rumput laut ini memang menyimpan keindahan alam yang masih perawan di tengah hiruk pikuk pariwisata Bali.


Pantai Pandawa

Pantai Pandawa

Pantai Pandawa

Pantai Pandawa sejatinya sudah dikenal sejak lama dengan sebutan secret beach, beberapa wisatawan asing sudah berkunjung ke tempat ini untuk berselancar, namun akses yang relatif sulit menjadikan wisatawan yang datang hanya dari kalangan tertentu saja, tidak untuk wisatawan kebanyakan.

Pantai Pandawa

Pantai Pandawa

Pantai Pandawa terletak di wilayah Kuta Selatan, tepatnya di desa Kutuh, letaknya tidak terlalu jauh dari objek wisata Uluwatu menuju Nusa Dua. Untuk mencapainya, dari Denpasar anda menuju ke arah selatan menuju Uluwatu, lalu setelah melewati objek wisata Garuda Wisnu Kencana, ambil ke kiri ke arah Nusa Dua. Dari situ anda bisa mengikuti petunjuk arah menuju Pandawa Beach.


Sebelum tiba di bibir pantai, anda akan melewati jalan yang dibuat dengan membelah bukit kapur, mirip seperti bukit-bukit kapur di GWK, jalan tembus inilah yang menjadikan Pantai Pandawa yang semula cukup sulit untuk dikunjungi kini dapat dicapai dengan cukup mudah. Sebelum sampai di pantai anda akan melihat bukit yang dilubangi dan dibuat pahatan patung Pandawa berukuran cukup besar. Tiket masuk kawasan ini ialah Rp. 2.000 / Orang. Sedikit dari atas bukit yang dibelah, sebelum sampai di tepi pantai dari kajauhan anda dapat melihat keindahan pantai yang selama ini tersembunyi atau disebut oleh wisatawan asing sebagai secret beach.

Pantai Pandawa

Karena relatif baru bagi wisatawan, pantai pandawa masih terlihat bersih dan tenang dengan pemandangan yang menakjubkan, airnya jernih serta pasirnya landai cocok untuk bermain dengan aman di pinggir pantai. Dari kejauhan terlihat deretan karang di depan pantai yang seolah berfungsi sebagai pemecah ombak, menjadikan pantai ini tidak terlalu berbahaya terutama bagi anak-anak, namun tentu saja tetap dengan kewaspadaan terutama karena belum tersedia fasilitas coast guard seperti di pantai Kuta. Di beberapa tempat masih terlihat petani menanam rumput laut, terdapat beberapa warung yang menyediakan makanan kecil dan minuman, serta penyewaan peralatan wisata pantai pada umumnya. Untuk anda yang tidak terlalu senang dengan teriknya sinar matahari, bisa menyewa payung lengkap dengan kursi pantai dengan harga sewa yang cukup terjangkau.

Pantai Pandawa

Pantai Pandawa

Semakin hari Pantai Pandawa semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan, pembangunan hotel & resort pun mulai terlihat tidak jauh dari pantai cantik ini, mungkin suatu hari nanti pantai ini akan sangat ramai layaknya pantai lain di pulau Bali, sempatkanlah diri anda untuk melihat keindahaannya sebelum memudar oleh waktu.

Pantai Pandawa

Pantai Pandawa

Terlepas dari keindahannya, dengan dibukanya akses ke Pantai Pandawa telah berhasil meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat. Banyaknya wisatawan yang tertarik untuk datang ke tempat ini, telah merubah asyarakat yang semula hanya mengandalkan pertanian rumput laut menjadi ikut dan terlibat langsung dalam industri pariwisata Bali dengan perputaran omset yang jauh lebih besar. Saat ini belum terdapat fasilitas pariwisata seperti hotel dan restaurant di tempat ini, namun sepertinya tidak lama lagi Pantai Pandawa akan menjadi salah satu tujuan wisata utama di Bali yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap. (indotravelers).

Artikel Terkait : Peta Jalan Dari Bandara Internasional Ngurah Rai Ke Pantai Pandawa Bali


Peta Lokasi Pantai Pandawa Bali


Artikel Lainya