Wisata Ke Istana Kadriah - Pontianak.

Istana Kadriah - Pontianak

Istana Kadriah sepertinya merupakan sebuah istana yang terlupakan, bangunan kayu berkualitas tinggi nan anggun ini sejatinya merupakan sebuah istana bersejarah cikal bakal Kota Pontianak yang pada awalnya berbentuk Kesultanan Pontianak. Walaupun saat ini tampak kurang terawat, namun bangunan Istana Kadriah masih memancarkan kharisma yang kuat.


Istana Kadriah - Pontianak

Kisah Istana Kadriah berawal dari seroang Ulama bernama Syarif Abdurrahman Alkadrie yang berlayar menyusuri sungai Kapuas menuju hulu untuk menyebarkan Agama Islam pada tahun 1771. Suatu ketika sampailah rombongan Syarif Abdurrahman di sebuah persimpangan antara Sungai Landak, Sungai Kapuas Kecil, dan Sungai Kapuas Besar yang berbentuk delta tepatnya pada hari Rabu 23 Oktober 1771, kemudian mereka memutuskan untuk membuka lahan dan mendirikan pemukiman baru di tempat ini, tempat inilah yang sekarang bernama Pontianak.


Istana Kadriah - Pontianak

Tak lama setelah membuka lahan dan membangun pemukiman baru, Syarief Abdurrahman pun dinobatkan menjadi sultan Pontianak dengan bangunan Istana Kadriah dan Masjid Jami Pontianak (saat ini bernama Masjid Sultan Syarif Abdurrahman) sebagai pusat pemerintahan Kesultanan Pontianak.

Istana Kadriah - Pontianak

Saat ini Istana Kadriah terletak di wilayah administratif Kelurahan Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak dan merupakan salah satu tujuan wisata utama di Pontianak. Istana ini cukup mudah dijangkau oleh wisatawan baik melalui sungai maupun darat melewati jembatan Sungai Kapuas. (indotravelers.com)


Peta Lokasi Istana Kadriah Pontianak


Artikel Lainya